Tugas Strategi dan Media pembelajaran
Nama :Vina Rahmayani
Kelas :2c PGSD (22842076)
Dosen pengampu :Aceng Ahmad Rodian S., M.Pd
Pengantar Media Pembelajaran
Belajar adalah proses di mana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau pemahaman baru melalui pengalaman, studi, atau latihan. "Proses Perubahan Perilaku (Behaviour Change) yang meliputi Kognitif, Apektif dan Psikomotorik, melalui interaksi dengan lingkungan (Sumber Belajar)".
Serta kita juga bisa tau bagaimana bahwa seseorang itu belajar dengan cara membaca, mendengarkan , dan menulis.
Terusss Belajar juga memerlukan sumber sebagai daya untuk keberhasilan belajar.
Era revolusi 4.0,era disruftif
Yang di pengaruhi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah siswa , bisa di lihat dari cara berfikir nya, berbicara nya, serta cara berperilaku nya.
Fungsi media ICT ini dalam masa pandemi sangat berperan aktif yaitu sebagai sistem pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar.
Tantangan terhadap inovasi Pembelajaran
- Ketersediaan infrastruktur Tik /ICT (Hardware, software, , Data, centre)
- Adanya kebijakan dari pimpinan lembaga (adanya dukungan dari pihak sekolah )
- Perlunya peningkatan kualitas dosen muda ( Hal ini sangat penting karena dosen muda adalah orang yang sudah paham bagaimana cara menggunakan media pembelajaran berbasis ICT)
- Pngembangan perangkat lunak (Aplikasi pendukung akademik dan pendukung pembelajaran)
- Mengikuti workshop dan pelatihan ICT
- Belajar mandiri melalui fasilitas internet
- Magang ICT pada lembaga profesional
- Belajar dari buku
Proses pengembangan ini bisa di lakukan dengan inovasi pembelajaran seperti ide kreatif, Desain model, produksi model inovasi, Difusi model inovasi , dan disimenasi model
Pengembangan Media ini bisa berjalan dengan lancar yaitu bisa dengan cara Analysis, Design, evaluation, implementation dan development.
ICT itu sangat penting bagi proses belajar mengajar karenaa
• Materi abstrak (diluar pengalaman sehari-hari) sehingga materi jadi sulit dipahami
• Diperlukan Visualisasi dan Simulasi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang Interaktif dan model Multimedia
Hasil penelitian di US: proses belajar mengajar yang dibantu alat peraga meningkatkan efesiensi 47%, dibantu ICT meningkatkan efesiensi 93%
• Kekuatan Hypertext (dibandingkan Buku)
• Memudahkan memilih, mensintesis, dan mengkolaborasi
• Komputer dapat mengakomodasi peserta didik yang lamban belajar
• Penggambaran ulang object belajar dan pola pikir peserta didik • Meningkatkan retensi/daya ingat peserta didik dengan belajar secara multimedia
Adapun beberapa aplikasi yang bisa di lakukan belajar berbasis ICT seperti power point yang mana hal ini bisa untuk membuat ppt atau dokumen , Terus blogspot juga yang di gunakan sekarang untuk membuat resume kemudian di salin linknya dan di kirim ke aplikasi edlink.