Tugas Strategi dan media pembelajaran SD
Nama. :Vina Rahmayani
Kelas : 2C PGSD (22842076)
Dosen pengampu :Aceng Ahmad Rodian S., M.Pd
Pengertian
strategi adalah seni bagi individu ataupun kelompok untuk memanfaatkan, kemampuan dan sumber daya yang dimiliki guna untuk mencapai target sasaran melalui tata cara yang dianggap dapat efektif dan efisien untuk mencapai sasaran yang telah diharapkan.
Menurut para ahli yaitu MARUS
Strategi dapat diartikan sebagai proses dari seseorang untuk membuat rencana yang mempunyai guna untuk membantu memfokuskan diri serta membantu mencapai hasil yang telah diharapkan
Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Roy Kellen (1998) mencatat bahwa terdapat dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran inkuiri dan discoveri serta pembelajaran induktif.
Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang
dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik. Menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Hamzah B Uno bahwa
teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk
mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai.
metode pembelajaran adalah metode yang telah memiliki langkah yang konkret untuk melaksanakannya.
Menurut para ahli yaitu
Wina Sanjaya
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Sanjaya, 2016, hlm. 147).
Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Media ini dapat berupa objek fisik, teknologi.
menurut beberapa ahli dalam bidang pendidikanpendidikan yaitu
A. S. Hardjasudarma, media pembelajaran adalah segala alat atau perantara yang dapat mempengaruhi alat indera manusia dalam mengamati, merasakan, atau memperoleh pengetahuan dan pengalaman.
model-model pembelajaran yang mengaktifkan biasanya disusun. berdasarkan berbagai prinsip atau teori belajar. Para ahli biasanya menyusun model pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran, teori-teori psikologis, analisis system, atau teori-teori lain yang mendukung (Joyce & Weil, 1980). Joyce & Weil mempelajarai model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang dikelompokkan menjadi empat model pembelajaran yaitu: (1) model interaksi social, dalam model ini siswa dituntut untuk aktif berinteraksi dengan lingkungan belajarnya; (2) model pemrosesan informasi, menuntut siswa untuk aktif dalam memilih dan mengembangkan materi yang akan dipelajarinya; (3) model personal
Perbedaan Strategi pendekatan, teknik, metode, media, dan model pembelajaran
- Strategi :Memikirkan dulu sebelum mau melakukan tindakan untuk menyesuaikan diri terhadap sesuatu yang akan di lakukan
- Pendekatan: Langkah awal untuk melakukan pembentukan suatu ide atau objek setelah meyusun strategi yang akan di lakukan
- Teknik Mengimplementasikan suatu metode secara spesifik serta juga relatif membutuhkan teknik tersendiri.
- Metode: Mengimplementasikan rencana yang telah di dusun seperti kita sudah menyusun strategi, pendekatan, teknik, maka hal yang selanjutnya adalah metode yang mana hal ini tinggal mengimplementasikan nya kepada siswa.
- Media : Alat yang perlu di lakukan saat melakukan pembelajaran di kelas agar dapat memahami dan menguasai materi hal ini dapat berupa fisik maupun teknologi.
- Model pembelajaran : Nah ini yang terakhir ada model pembelajaran yang mana kita sebagai calon guru harus pandai² dalam mengelola model pembelajaran nya lebih ke kita sesama murid harus banyak bersosialisasi dan di tuntut agar aktif.
SUMBER : https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/
http://repository.uin-suska.ac.id/4680/3/BAB%20II.pdf
https://serupa.id/metode-pembelajaran-pengertian-jenis-macam-menurut-para-ahli/
https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/8-macam-pendekatan-pembelajaran/